Selasa, 06 April 2010

Si Little “Berry” berdiri tegak di Menteng


Cukup mengagetkan sekaligus sedikit tidak percaya dengan apa yang telah dilakukan warga Menteng, yaitu telah dibuatnya patung kehormatan presiden negara adi kuasa #1 di dunia, Barack Husein Obama yang nangkring di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Entah atas dasar apa patung "si little berry" berdiri tegak disana. Mungkin kita bisa sedikit menganalisa tentang berdirinya patung tersebut. Ya, itu semua karena si Berry (panggilan kecil Barack Obama) pernah tinggal di Indonesia tepatnya di daerah Menteng-Jak Pus kurang lebih selama 4 (empat) tahun yang secara luar biasa bukan hanya karena dia menjadi orang paling berpengaruh di Amerika Serikat, bahkan mungkin di dunia tetapi juga karena dia adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden AS.

Rasisme bagi warga kulut hitam atau Afro Amerika setidaknya hilang sudah yang telah menahun dan menjadi kronis di negara-nya Washington DC itu. Dan mungkin tidak ada lagi kabar bahwa Segitiga Bermuda adalah tempat pembuangan orang kulit hitam yang telah di bantai. Permasalahnnya adalah semua kebaikan atau hikmah si Berry naik jadi presiden itu bagi Amerika atau Orang kulit hitam tepatnya. So.. Buat Indonesia mana?! Adakah kebaikan buat Indonesia karena Obama jadi Sang presiden huh ?!!

Kontrovesi mulai merebak sehubungan dengan ramainya media yang memuat "kejadian yang tak biasa itu". Kenapa dikatakan tidak biasa ? menurut anda gimana ? pantaskah seorang yang bukan warga negara Indonesia dibuatkan patung kehormatan ?

Kita mungkin bisa sedikit menambahakan perbandingan dengan tokoh pembangun kita. Ir Soeharto. Terlepas dari semua kontroversinya, ayah dari Tommy Soeharto ini pernah membawa Indonesia ke pintu gerbang pembangunan sehingga menjadikan Indonesia salah satu negara yang cukup berpengaruh di Asia bahkan di dunia. Dan sekarang pertanyaanya adalah, kenapa bukannya Ir. Soeharto yang dibuatkan patung kehormatan atau mungkin pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia yang belum dibuatkan patung kehormatannya.

Ironis sekaligus miris mengetahui apa yang telah dilakukan warga menteng, melihat jasa apakah yang pernah dilakukan oleh Barack Obama bagi Indonesia sehingga dibuatkan patung kehormatan. Yang jelas Indonesia sekarang sedikit terlihat konyol di mata dunia setidaknya di mata saya sendiri.


By : Syarif Hidayatulloh


1 komentar:

joe aja mengatakan...

that's called a euphoria....

Silahkan Beli Buku Lewat Kutukutubuku.com


Masukkan Code ini K1-74CCC3-C
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Komunitas Blogger Bekasi